Pantes Harganya Mahal, Rupanya ini Manfaat Mengejutkan yang Dimiliki Buah Kersen

via health.com

Serumpi.com – Buah kersen belakangan ini tengah santer menjadi buronan masyarakat. Dikenal sebagai salah satu buah yang bisa tumbuh di mana saja, kersen pasalnya dijual dengan harga cukup fantastis. Bagi masyarakat Indonesia, kersen mungkin bisa ditemukan di berbagai tempat, namun hal tersebut tak berlaku untuk di luar negeri. Wajar kalau kersen menjelma menjadi buah super mahal.

Berbicara soal kersen, buah berwarna merah tersebut memiliki manfaat yang luar biasa. Meski kerap dianggap sebagai buah liar, namun kersen memiliki kandungan yang tidak ditemukan pada buah lain. Tak heran, kalau di beberapa negara kersen menjadi buronan banyak orang terutama para ahli kesehatan.

Baca Juga: Berhenti Simpan Makanan di Kulkas dengan Kantong Plastik, Cek Bahayanya!

Melansir dari health.com, dulu biasa diremehkan lantaran umum ditemukan di pinggir jalan, buah kersen ternyata memiliki segudang manfaat tak terduga. Buah kersen yang kini bernilai hampir setengah juta perkilogram-nya itu ternyata memiliki manfaat yang tidak banyak orang tahu.

Manfaat buah kersen bahkan tak terduga, mulai dari sembuhkan diabetes militus hingga mengobati penyakit jantung. Buah kersen atau yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura L merupakan buah yang dulu mudah dijumpai di Indonesia. Buah tersebut memiliki beragam sebutan berbeda di tiap-tiap daerah, seperti ceri di Sunda, keres, dan talok di Jawa.

via liputan6.com

Julia F Morton dalam bukunya “Fruits of Warm Climates” tahun 1987, menguraikan, setidaknya, ada 12 jenis senyawa yang terkandung dalam buah talok. Buah kecil bercita rasa manis tersebut ternyata bernilai cukup mahal.

Setiap 100 gr buah kersen terkandung: Air sebanyak 77,8 g, serat: 4,6 g, vitamin C (antioksidan): 80.5 mg, lemak: 1,56 g. Tak hanya itu, kandungan lain seperti zat besi: 1,18 mg, karotin: 0,019 mg, protein: 0,324 g, fosfor: 84 mg, niacin: 0,554 mg, kalsium: 124,6 mg, vitamin B1(Tiamin): 0,065 mg, dan riboflavin: 0,037 mg juga terkandung dalam buah kersen.