Hati-hati Jangan Beli Ayam yang Bergaris-garis Putih, Ternyata ini Bahayanya!

via tribunbali.com

Serumpi.com – Ayam menjadi salah satu makanan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, tak heran kalau daging ayam masih tetap menjadi buronan di pasaran. Bukan hanya itu, harga yang relatif murah serta mudah ditemukan di berbagai wilayah membuat ayam sangat mungkin dijadikan sebagai menu utama beberapa gerai makanan.

Kendati demikian, memilih ayam yang sehat tetaplah memerlukan ilmu dan ketelitian. Pasalnya, beberapa jenis ayam ada yang dijual dalam kondisi kurang baik. Alih-alih mengonsumsi makanan berprotein tinggi, salah memilih dalam membeli ayam justru bisa membahayakan kesehatan.

Belakangan ini marak kasus penjualan ayam tiren atau ayam mati. Beberapa oknum sengaja mencari keuntungan dengan menjual ayam mati. Tak hanya itu, ayam hidup pun bis dinilai berbahaya jika dijual dalam beberapa keadaan. Salah satunya adalah saat ditemukan garis-garis putih pada ayam yang jarang disadari oleh konsumen.

Baca Juga: Berhenti Simpan Makanan di Kulkas dengan Kantong Plastik, Cek Bahayanya!

Seperti yang dilansir dari health.com,  garis putih pada daging ayam merupakan lemak yang mengindikasikan bagaimana ayam diperlakukan saat di peternakan. Potongan daging ayam harusnya memiliki lemak di sepanjang sisi, bukan di bagian tengah daging. Menurut Compassion USA, garis-garis lemak di bagian tengah ini menunjukkan bahwa ayam tersebut mengalami gangguan otot sewaktu masih hidup yang disebut dengan striping white.

via tribunlampung.com

Meski tidak berbahaya untuk dikonsumsi, namun daging ini menjadi sedikit lebih keras daripada daging ayam yang sehat. Belum lagi masalah kandungan lemaknya yang mencapai 224 persen lebih tinggi daripada daging ayam sehat. Pasalnya, garis putih pada ayam juga mengindikasikan banyaknya obat yang disuntikkan dengan tujuan menutrisi agar ayam bisa lebih cepat dipotong.

Kendati demikian, beberapa pakar yang sudah melakukan penelitian menyebut jika daging ayam bergaris putih masih aman dikonsumsi dalam jumlah wajar. Para ahli tersebut juga berpendapat bahwa tidak ada pengaruh negatif bagi kesehatan selama daging ayam bergaris putih tidak dikonsumsi secara berlebihan dan diolah dengan cara yang tepat.