Biasa Dibuang, Kulit Singkong Ternyata Punya Manfaat Mengejutkan Bagi Tubuh

via health.com

Serumpi.com – Singkong menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kandungan karbohidrat tinggi yang dimilikinya membuat singkong banyak dipilih sebagai pengganti nasi. Di beberapa tempat, singkong biasa diolah menjadi makanan dalam berbagai varian dan rasa. Tak heran, kalau hingga detik ini singkong masih mendapat tempat istimewa di hati masyarakat Indonesia.

Ngomongin soal singkong, selama ini singkong dimasak dengan cara mengupasnya terlebih dahulu. Kulit sisa singkong dibuang begitu saja lantaran dianggap sudah tidak bisa dimanfaatkan. Namun siapa yang menyangka, kalau kulit singkong justru memiliki manfaat yang luar biasa terutama bagi kesehatan.

Baca Juga: Dianggap Sehat, 5 Makanan ini Rupanya Merusak Ginjal, Kamu Pasti Sering Makan!

Seperti yang dilansir dari health.com, singkong tak hanya memberikan manfaat kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit, bahkan kulit singkong dapat berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit wanita. Singkong memiliki kandungan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin C, protein, karoten, dan lisin. Kandungan ini sangat bagus untuk dikonsumsi baik dengan cara dimakan atau digunakan sebagai bahan alami untuk masker wajah dan kulit.

via sriwijayapos.com

Sayangnya, kebanyakan orang akan membuang kulit tanaman singkong begitu saja padahal kulit singkong dapat digunakan sebagai exfoliator kulit alami. Pasalnya, kulit singkong bisa dimanfaatkan dengan cara memisahkan kulit singkong dari bagian luarnya yang kecoklatan dan biasanya ditempeli banyak tanah.

Kulit singkong tersebut bisa dimanfaatkan menjadi scrub usai dicuci bersih dan dihancurkan. Pasalnya, melakukan scrub dengan kulit singkong sebanyak tiga kali dalam seminggu bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit. Kandungan nutrisi dan vitamin pada kulit singkong juga bisa membuat wajah menjadi lebih cerah bersinar.

Tak heran, kalau belakangan ini banyak ahli kecantikan yang mulai melakukan penelitian dan pengolahan pada kulit singkong. Bahkan, beberapa produk kecantikan sudah ada yang menggunakan kulit singkong sebagai salah satu bahan baku produk yang dibuatnya.