Makan Nanas Saat Hamil Sebabkan Keguguran? Cek Faktanya!

via halodoc.com

Serumpi.com – Selama ini banyak sekali hal-hal seputar kehamilan yang mengundang pertanyaan. Misalnya saja tentang apa yang boleh dan tak boleh dikonsumsi. Sebut saja makan nanas. Banyak yang bilang ibu hamil tidak boleh makan nanas, terutama nanas muda karena dapat menyebabkan keguguran. Benarkah?

Memakan nanas bagi ibu hamil seringkali disebut sebagai penyebab keguguran karena menyebabkan kontraksi hingga menghancurkan ari-ari. Hal ini sering pula dikaitkan dengan sifat nanas yang mampu melunakkan daging. Namun, pada faktanya tak demikian. Ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi nanas karena tak ada pengaruhnya pada janin.

Baca Juga : Sebenarnya Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Makan Mie Instan? Dibawah Inilah Jawabannya

Pakar gizi YOUVIT, Rachel Olsen mengatakan jika memakan nanas pada ibu hamil justru memberikan banyak manfaat. Nanas mengandung vitamin C, zat besi, asam folat, magnesium, tembaga, dan kandungan lain yang baik untuk masa kehamilan. Jadi, bisa dipastikan jika nanas menyebabkan keguguran adalah mitos semata.

via grid.id

Rachel melanjutkan , meski memakan nanas tak berbahaya bagi ibu hamil, sebaiknya porsi makannya tetap dibatasi. Hal ini dikarenakan nanas mengandung indeks glikemik tinggi dan rendah serat. Padahal, ibu hamil membutuhkan serat dalam jumlah lebih banyak dibanding biasanya.

Saat hamil, janin yang membutuhkan banyak ruang akan mendorong usus. Akibatnya, proses pengeluaran feses lebih sulit dan ibu hamil rentan sembelt. Kondisi ini mungkin lebih parah saat masa kehamilan tua.

Hal serupa rupanya juga berlaku pada durian. Banyak yang mengatakan ibu hamil dilarang mengkonsumsi durian karena bersifat panas dan mengandung alkohol. Namun, para pakar sepakat jika larangan mengkonsumsi durian saat hamil hanyalah mitos.

Durian tetap aman bagi ibu hamil asal tak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Hal ini dikarenakan durian tinggi kalori dan glikemik, tapi memiliki serat rendah.