Kerap Rasakan Nyeri Perut Bagian Kanan? Waspada Penyakit ini!!

via couterplus.com

Serumpi.com – Perut menjadi salah satu bagian tubuh yang kerap mengalami gangguan. Pasalnya, ada beragam jenis penyakit yang terdeteksi lewat perut. Tak heran, kalau para pakar kesehatan selalu menyarankan untuk hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Pasalnya, karena banyakya organ dalam tubuh yang berpusat di perut, tak jarang orang salah dalam mendeteksi penyakit mereka.

Nah, salah satu yang kerap terjadi perihal gangguan perut adalah nyeri. Nyeri di perut pada bagian yang berbeda rupanya juga menandakan adanya indikasi penyakit yang berbeda. Lalu bagaimana dengan nyeri perut di bagian kanan? penyakit apa sebenarnya yang tengah mengancam ketika nyeri perut sebelah kanan sering terjadi?

Baca Juga: Berhenti Simpan Makanan di Kulkas dengan Kantong Plastik, Cek Bahayanya!

Melansir dari health.com, nyeri yang kerap kita rasakan di sisi perut sebelah kanan bisa jadi tanda tubuh sedang mengalami penyakit tertentu. Mulai dari nyeri ringan hingga sakit yang terasa seperti menusuk tajam perlu diwaspadai. Seorang dokter keluarga di Leonardtown, Mia Finkelston, menyarankan untuk segera melakukan identifikasi tentang sakit pada perut bagian kanan yang dirasakan.

Usut punya usut, nyeri pada perut di bagian kanan mengindikasikan seseorang tengah menderita gangguan pencernaan. Pemicu yang membuat perut sebelah kanan sering kram adalah kebiasaan makan yang terlalu cepat, minum alkohol atau kopi, atau mengonsumsi makanan asam.

via medium.com

Menurut Institut Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, jenis gangguan ini akan hilang dengan sendirinya. Namun bila terus berulang selama dua minggu, maka sebaiknya periksakan ke dokter. Kondisi tersebut membuat bisa dikurangi dengan cara mengatur pola makan yang baik.

Pasalnya, kondisi lambung sangat berhubungan dengan pola makan dan pola tidur. Para pakar kesehatan juga menekankan untuk selalu menjaga jam tidur dan jam makan dengan teratur agar kondisi asam pada lambung tetap stabil.