Jangan Asal Simpan, 3 Benda ini Sebabkan Kulkasmu Meledak, 2 Diantaranya Minuman!

via tribunnews.com

Serumpi.com – Kulkas seolah sudah menjadi perkakas wajib dalam rumah. Kulkas menjadi piranti untuk menyimpan sayur, buah, dan bahan makanan lain agar lebih awet, Bukan hanya itu, kulkas juga dilengkapi dengan freezer yang berguna untuk menyimpan makanan beku dan juga aneka jenis es. Namun, tahukah kamu jika freezer tak bisa digunakan untuk menyimpan semua barang karena bisa berpotensi meledak?

Beberapa jenis barang dapat berpotensi menyebabkan freezer meledak sehingga kamu perlu hati-hati dalam menyimpannya. Barang apa yang dimaksud? perhatikan daftarnya berikut!

1. Minuman Bersoda

via aladokter.com

Minuman bersoda memang lebih nikmat jika dikonsumsi dalam kondisi dingin. Nah, salah satu solusi tepat agar minuman bersoda cepat dingin adalah dimasukkan dalam freezer. Namun, hati-hati jika lupa meletakkan minuman bersoda dalam freezer hingga membeku karena karbondioksida di dalamnya akan mendesak sehingga minuman bersoda beku bisa berubah menjadi bom instan seketika.

Baca Juga : Kerap Disepelekan, Cara Menyimpan Sayuran Seperti ini Ternyata Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

3. Dry Ice

via istockphoto.com

Dry ice biasa digunakan untuk memberikan efek kabut pada konser, rumah hantu, atau pertunjukan di atas panggung lainnya. Dry ice bisa memunculkan kabut jika direndam dalam air dan terjadi proses sublimasi karbon dioksida. Namun, jika disimpan dalam kulkas, proses sublimasi dry ice bisa berlangsung 800 kali lebih cepat sehingga memunculkan tekanan gas tinggi.

Jika dry ice yang disimpan sangat tinggi, bukan tak mungkin ledakan akan terjadi. Selain itu, mengambil dry ice yang disimpan di freezer dengan tangan kosong juga berpotensi menyedapkan peradangan pada kulit.

3. Minuman Beralkohol

via detik.com

Minuman beralkohol sebenarnya boleh saja diletakkan dalam freezer, asalkan botol atau kaleng kemasannya sudah pernah dibuka. Menyimpan minuman beralkohol dengan tutup yang masih tersegel dalam freezer akan memicu tekanan gas dan ekpsansi cairan dalam kemasan sehingga berpotensi meledak.

Itulah tadi 3 jenis barang yang tak boleh disimpan dalam freezer. Selain itu, kamu juga harus menghindari meletakkan perangkat elektronik di atas kulkas karena perbedaan gelombang elektromagnetiknya juga dapat memicu konsleting arus listrik.