Bukan Cuma Enak Dimasak, Jamur Ternyata Juga Punya Manfaat Mengejutkan Bagi Kesehatan

via popmama.com

Serumpi.com – Siapa yang tak kenal dengan jamur? Sayuran sejuta umat ini memang semakin digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Jamur bisa diolah dalam berbagai bentuk masakan. Mulai dari tumis, jamur krispi, semur jamur, hingga sederet menu olahan lainnya.

Bisa ditemukan di berbagai tempat dengan harga yang relatif sangat murah, jamur kerap dipilih sebagai menu utama beberapa rumah makan di Indonesia. Tak heran, kalau semakin hari popularitas jamur semakin meroket di dunia kuliner Tanah Air.

Berbicara soal jamur, ternyata sayuran yang diketahui memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral tersebut tidak hanya sekedar nikmat diolah menjadi menu masakan. Pasalnya, jamur memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Dianggap Menyehatkan, Sederet Makanan Bergizi ini Justru Tak Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Melansir dari health.com, jamur merupakan tumbuhan yang bisa hidup di alam liar dan juga dibudidayakan. Tumbuhan ini sering didambakan sebagai makanan diet dan mudah diolah, baik itu sebagai makanan segar maupun makanan kaleng. Jamur yang paling sering dikonsumsi adalah jamur putih, atau jamur shitake.

via dapurkobe.com

Menurut Health Line, jamur memang rendah kalori namun kaya akan protein, serat, dan vitamin, serta mineral. Selain itu, jamur juga mengandung antioksidan, selenium dan polisakarida serta vitamin D2 (ergokalsiferol).

Usut punya usut, jauh sebelum terkenal di Indonesia, jamur sudah digunakan pada teknik pengobatan tradisional cina. Jamur shitake digunakan untuk membuat obat flu. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak jamur shitake dapat melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi akibat bakteri atau jamur.

Bukan hanya itu, jamur dikenal kaya akan antioksidan yang membersihkan tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang ada dalam tubuh berpotensi menyebabkan penyakit kanker. Beta-glukan pada jamur juga digunakan sebagai salah satu perawatan kemoterapi atau terapi radiasi.