Di Indonesia Banyak Tumbuh Liar tapi Harganya Selangit, ini 5 Manfaat Buah Ciplukan yang Tak Boleh Diabaikan

via grid.id

Serumpi.com – Ciplukan adalah tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini tergolong tanaman liar yang banyak ditemui di pematang sawah atau perkebunan kosong. Bentuk buah yang satu ini sangat unik, yakni dibungkus daun semu yang sehingga nampak seperti lentera. Ketika buah matang, daun semu akan mengering dan membuka hingga nampak seperti bunga.

Banyak tumbuh di Indonesia dan sering diabaikan, siapa menyangka jika ciplukan memiliki harga yang sangat fantastis di luar negeri. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan ciplukan memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Apa saja?

1. Mengatasi Masalah Saluran Kemih

via hellosehat.com

Buah ciplukan bersifat deuritik, yakni memperbanyak frekuensi berkemih sehingga membantu membersihkan saluran kemih. Mengkonsumsi buah ciplukan secara rutin juga dapat mencegah pengendapan batu di saluran kemih, Bukan hanya itu, buah ciplukan juga disebut mampu mengobati kencing nanah atau gonorhoe.

Baca Juga : Biasa Dibuang, Biji Mangga Rupanya Miliki Manfaat Luar Biasa, Salah Satunya Cegah Kanker!

2. Penyakit Kuning

via joss.co.id

Penyakit kuning merupakan penyakit yang ditandai dengan kulit dan mata yang menguning. Penyakit ini disebabkan oleh kandungan bilirubin yang terlalu tinggi dalam darah. Sementara itu, ciplukan mengandung fisalin, saponin, flavonoid, dan polivenol yang mampu menekan kadar bilirubin.

3. Meringankan Parkinson

via liputan6.com

Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem syaraf. Penyakit ini biasa ditandai dengan tremor atau bergetarnya sebagian anggota tubuh. Mengkonsumsi ciplukan disebut-sebut mampu meringankan tremor tersebut.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

via hellosehat.com

Gula darah tinggi harus segera diatasi sebelum menyebabkan komplikasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan ciplukan. Namun, kali ini bukan buahnya yang berkhasiat, melainkan daunnya yang dipercaya mampu menurunkan kadar gula.

5. Anti Nyeri

via liputan6.com

Ciplukan memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat pula digunakan sebagai obat nyeri. Bagi penderita lupus, mengkonsumsi buah ciplukan dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri yang sering datang tiba-tiba.

Itulah tadi manfaat ciplukan yang tak diduga. Setelah tahu manfaatnya, yakin masih akan mengabaikan buah yang banyak tumbuh di pematang sawah ini?