Sering Lupa Gosok Gigi? 3 Penyakit Mematikan ini Siap Mengincar, Salah Satunya Kanker!

via tribunnews.com

Serumpi.com – Kebersihan dan kesehatan mulut adalah hal yang perlu dijaga dengan gosok gigi dan memeriksakan gigi secara rutin. Tujuan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi adalah untuk menjaganya tetap bersih, segar, dan bebas bau. Selain itu, gigi yang bersih dan terawat juga akan bebas dari penyakit gigi sehingga Anda bisa mengunyah makanan dengan lebih baik dan nyaman.

Namun, sebenarnya tujuan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut bukan hanya itu, melainkan pula melindungi kesehatan tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Lantas, penyakit berbahaya apa saja yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut!

1. Kanker Mulut

via hellosehat.com

Kondisi mulut yang kotor dan tidak terawat meningkatkan resiko kanker mulut karena rentannya kerusakan sel. Tanda kanker yang ditunjukkan umumnya hanya keluhan ringan seperti, mulut kering, gusi sensitif, dan sariawan. Hal ini menyebabkan penderitanya masih terus mengabaikan kesehatan dan kebersihan mulut sampai kanker berubah menjadi ganas.

Baca Juga : Di Indonesia Banyak Tumbuh Liar tapi Harganya Selangit, ini 5 Manfaat Buah Ciplukan yang Tak Boleh Diabaikan

2. Kanker Pankreas

via kompas.com

Tak hanya menyebabkan kanker pada mulut saja, tidak menjaga kebersihan mulut juga menyebabkan kanker pankreas. Hal ini dikarenakan bakteri yang ada pada mulut dapat menyebar melalui liur dan mempengaruhi kinerja pankreas.

3. Alzheimer

via hellosehat.com

Bakteri Porphyromonas gingivalis seringkali ditemukan di otak penderita Alzheimer. Bakteri ini merupakan bakteri dengan penyebab penyakit gusi. Bukan hanya itu, penelitian yang dilakukan US National Library of Medicine, National Institutes of Health, menunjukkan jika seseorang yang 10 tahun mengalami masalah pada gusi berisiko 2 kali lipat terkena Alzheimer.

Itulah tadi 3 penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Masih mau mengabaikan kebersihan gigi dan mulut? Mulai sekarang, pastikan Anda selalu menggosok gigi, terutama sebelum tidur malam. Jangan anggap sepele kebersihan gigi dan mulut agar Anda tak menyesal nantinya.