Memang Anti Mainstream Banget, Apabila Dikonsumsi 6 Biji Buah Ini Ternyata Baik Untuk Kesehatan

semangka via liputan6.com

Serumpi.com – Buah-buahan menjadi salah satu pemasok nutrisi yang sehat dan alami. Saat mengonsumsi buah rata-rata orang akan membuang biji buahnya begitu saja. Banyak yang beranggapan bahwa biji buah tersebut mengandung racun. Memang benar, sebagian biji buah mengandung racun akan tetapi ada beberapa biji buah bisa dikonsumsi.

Dengan pengolahan yang benar dan tepat, biji-biji buah ini memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan. Melansir dari liputan6.com, berikut adalah biji buah yang bisa dikonsumsi.

1. Durian

via liputan6.com

Biji durian memiliki sejumlah manfaat apabila dikonsumsi namun harus dimasak terlebih dahulu. Biji durian yang direbus mempunyai nutrisi yang baik seperti serat, seng, kalsium, dan karbohidrat. Kandungan pati di dalam biji durian ternyata sangat tinggi dan bisa menjadi pengganti dari sumber karbohidrat.

2. Nangka

via liputan6.com

Mirip dengan biji durian, biji nangka juga mempunyai manfaat untuk kesehatan ketika dikonsumsi. Biji nangka mengandung dua vitamin B serta riboflavin. Keduanya membantu memberikan energi pada tubuh. Selain itu, biji nangka juga mengandung serat dan pati resisten yang melewati tubuh tanpa harus dicerna terlebih dahulu. Uniknya, kandungan biji nangka mampu bertindak sebagai makanan bagi bakteri usus.

3. Mangga

via liputan6.com

Biji mangga sering dibuang begitu saja. Namun, biji buah ini juga dapat bermanfaat ketika diolah dan dikonsumsi. Didalam biji mangga terdapat kernel, kernel ini mengandung minyak, protein, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium, dan kalsium. Biji mangga yang diolah lalu diekstrasi memiliki senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh, hingga antioksidan.

4. Semangka

via liputan6.com

Banyak orang membuang bijisemangka ketika mengonsumsi buah ini. Padahal, biji semangka dapat dikonsumsi serta mengandung sejumlah mineral bermanfaat. Biji semangka juga rendah kalori dan padat nutrisi. Biji ini adalah sumber protein, magnesium, seng, folat serta banyak nutrisi lain.

5. Labu

via liputan6.com

Sama seperti semangka, biji labu memiliki banyak manfaat kesehatan. Satu porsi atau seperempat cangkir biji labu kuning mempunyai sekitar 150 kalori, 15 gram lemak sehat, beberapa gram karbohidrat, serta 8-10 gram protein nabati. Biji labu kaya ternyata kaya akan antioksidan, zat besi, seng, magnesium hingga banyak nutrisi lainnya. Biji labu utuh merupakan sumber serat yang sangat baik.

6. Pepaya

via liputan6.com

Biji pepaya mengandung mikronutrien esensial. Biji yang pahit ini ternyata tinggi polifenol dan flavonoid, dua senyawa yang bisa menjadi antioksidan. Antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit serta mencegah stres oksidatif bahkan menangkal penyakit kronis.