Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Cabe? Berikut Fakta dan Mitosnya

via theasianparents.com

Serumpi.com – Selama ini beredar mitos bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi cabai karena hal tersebut membuat janin botak. Ada juga yang menganggap cabai bikin bayi yang ada didalam perut ikut kepedasan.

Meskipun terasa pedas, cabai ternyata memiliki banyak sekali manfaat apabila dikonsumsi dengan wajar dan tidak berlebihan. Melansir dari theasianparents.com, berikut ini seputar fakta dan mitos tentang konsumsi cabe ketika hamil.

1. Mitos: Cabai membuat kontraksi

via theasianparents.com

Belum ada penelitian yang menyatakan atau membuktikan bahwa ibu hamil yang makan pedas dianggap bisa membuat kontraksi. Sakit perut yang diderita ibu hamil saat makan cabai bisa jadi karena diare, bukan kontraksi.

2. Mitos: Bayi merasa kepedasan saat ibu hamil konsumsi cabai

via theasianparents.com

Kebanyakan orang tua tak memperbolehkan anaknya yang hamil mengonsumsi cabai. Ini karena mereka menganggap janin yang dikandung bisa merasa kepedasan. Para ahli medis telah memastikan rasa pedas pada cabai tidak sampai ke janin.

3. Fakta : Cabai mengandung vitamin C

via theasianparents.com

Dalam 100 gram cabai, mengandung vitamin C sebesar 240%. Ini bisa 7 kali lipat lebih besar dibanding vitamin C pada jeruk. Vitamin C bisa meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C dikenal baik bagi kesehatan kulit.

4. Fakta : Menambah zat besi dalam tubuh

via theasianparents.com

Keluhan yang kerap terjadi ketika hamil adalah anemia serta kelelahan. Salah satunya hal ini karena kurang zat besi. Sedangkan cabai kaya akan tembaga serta zat besi. Zat-zat ini juga penting untuk membantu pembentukan sel darah. Cabai kaya asam folat yang mampu membantu produksi darah baru untuk melawan anemia.

5. Fakta : Cabai sebagai pengurang rasa sakit alami

via theasianparents.com

Migrain, atau sakit pinggang kerap menyerang ibu hamil. Kandungan capsaicin pada cabai mampu mengurangi rasa sakit. Rasa pedas di area mulut serta tenggorokan membantu membuat otak lupa akan rasa sakit di tempat lain. Selain itu, cabai memiliki zat anti inflamasi yang mengurangi kemungkinan peradangan.