4 Khasiat Tersembuyi dari Seduhan Bawang Putih dan Jahe, Minum Secara Rutin

via tribunnews.com

Serumpi.com – Selain sebagai bumbu dapur, bebeapa bahan yang lazimnya untuk masakan ternyata bisa dijadikan obat. Kunyit contohnya, kunyit mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti mengatasi perut kembung, mual hingga nyeri haid.

Selain kunyit, ada banyak lagi bumbu dapur yang bisa digunakan untuk pengobatan. Salah satunya adalah perpaduan antara bawang putih, jahe dan madu. Seperti yang dilansir kapanlagi,com dari Boldsky, seduhan bawang putih yang dicapur jahe dan madu bisa berguna untuk mengatasi beberapa keluhan dibawah ini, seperti :

1. Menyembuhkan infeksi

via halodoc.com

Jahe, bawang putih dan madu yang diseduh dengan air hangat bisa mengobati infeksi karena bakteri dan virus berbahaya. Sifat antimikroba dan anti-inflamasi dari jahe membantu mengobati pilek, flu dan penyakit menular.

Bawang putih mampu sebagai pelindung tubuh terhadap infeksi karena bakteri, jamur, dan virus. Sedangkan madu memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Sifat alami pada madu ini sebagai penghalang untuk mencegah infeksi.

2. Mengatasi flu biasa

via okezone.com

Jahe mempunyai senyawa bioaktif seperti gingerol dan shogaol. Senyawa tersebut bersifat anti-inflamasi dan antimikroba yang membantu mengurangi sakit tenggorakan. Bawang putih dan madu juga bisa meredakan flu karena sifat antibakteri dan antivirus yang ada didalamnya.

3. Meredakan masalah pencernaan

via alodokter.com

Kombinasi jahe, bawang putih, dan madu mampu meredakan semua masalah pencernaan. Seperti mulas, sakit perut, kembung. Kamu bisa mengkonsumsi minuman ini sebelum makan.

4. Membantu penurunan berat badan

via kapanlagi.com

Gingerol dalam jahe memiliki efek anti-obesitas pada tubuh. Hal ini bisa mengurangi berat badan dan mempertahankan rasio pada pinggang ke pinggul. Di sisi lain, bawang putih dan madu memiliki sifat anti-obesitas.

Minumlah seduhan jahe, madu dan bawang putih dengan takaran yang sesuai kebutuhan tubuh kamu. Konsultasikan dengan dokter jika memiliki keluhan lain.