8 Fakta Tak Terduga Johny Indo, Aktor Senior Kenamaan yang Baru Saja Meninggal Dunia

via kapanlagi.com

Serumpi.com – Ada banyak kisah selebritis yang masih begitu lekat di benak masyarakat luas. Bahkan jejak para seleb ini sudah pasti masih terekam jelas mengingat mereka adalah sosok populer. Salah satu sosok seleb yang memiliki rekam jejak begitu diingat jelas adalah Johny Indo. Aktor ini baru saja meninggal dunia.

Minggu (26/1/2020) sosok ini meninggal dunia pada pagi hari, sekitar pukul 07.45 WIB. Bukan hanya sebagai aktor, pemilik nama asli Johanes Hubertus Eijkenboom ini juga memiliki deretan fakta mengejutkan di masa lalu.

Berikut ini deretan fakta terkait aktor senior yang meninggal di usia 71 tahun ini, merangkum dari berbagai sumber.

1. Bintang Iklan

via tribunnews.com

Bukan saja seorang aktor, Johny Indo ini awalnya seorang bintang iklan. Memiliki paras tampan sebagai orang keturunan etnis China, Johny Indo kerap dipercaya menjadi model iklan seperti rokok Ardath dan obat batuk Bronthicum.

2. Memiliki Kelompok atau Geng Motor

via kapanlagi.com

Nama Johny justru mencuat saat dirinya menjadi seorang pimpinan gangster. Dirinya membentuk kelompok motor yang terdiri dari 13 orang yang merupakan etnis keturunan. Geng motor ini diberi nama Pachinko, kependekan dari Pasukan China Kota.

3. Pernah Merampok dan Dipenjarakan

via suara.com

Bukan hanya membentuk geng motor, tapi kelompok yang dibentuknya ini juga melakukan perampokan. Tak main-main, perampokan yang dilakukan oleh Johny Indo ini hingga empat kali dengan menyasar toko emas.

Menariknya, setiap hasil rampokan yang didapat Johny Indo dan kawan-kawannya ini dibagikan kepada masyarakat miskin sekitar Jakarta. Maka dirinya juga mendapat julukan Robin Hood asal Indonesia. Meski tujuannya mulia, namun aksi-aksi perampokan tersebut tak dibenarkan. Hingga akhirnya ia dipenjarakan.

Namun pada akhirnya ia ditangkap pada tahun 1979. Pria ini mendapatkan hukuman selama 14 tahun penjara, yang mana 10 tahun lantaran kepemilikan senjata api dan 4 tahun karena perampokan. Johny Indo sempat dipenjara di Nusakambangan. Bahkan ia sempat melarikan diri di tahun 1982, namun hanya bertahan selama 12 hari dalam pelarian.

4. Pernah Mualaf dan Berdakwah

via tribunnews.com

Setelah keluar dari penjara, dirinya pun insaf dan mendaat kesempatan main film terkait biografinya. Film pertamanya berjudul Johny Indo, Kisah Nyata Seorang Narapidana (1987). Sampai akhirnya ia pun dipercaya membawakan beberapa flm selanjutnya hingga awal 90-an.

Namun setelahnya, nama Johny Indo meredup. Dia pun dikabarkan telah menjadi mualaf dan melaksanakan haji di tahun 2000-an. Namanya pun sempat berganti menjadi Umar Billah. Bahkan dirinya sering berdakwah.

5. Pindah Keyakinan Kembali

via detik.com

Meski sudah mualaf dan sempat menjalankan ibadah haji, rupanya Johny Indo memutuskan masuk Kristen kembali. Hal ini diungkapkan oleh cucunya, Santa, lantaran mengikuti agama yang dianut istri pertamanya, Stela Thia yang kini jadi pendeta.

Johny Indo merasa menyesal telah meninggalkan istri dan keluarganya dahulu sehingga ia pun memutuskan untuk kembali memeluk Kristen. Terlebih ia selama 7-8 bulan belakangan tinggal bersama keluarga dari istri pertama. Apalagi saat meninggal, Johny berada di gereja. Menurut pengakuan Santa, baru sepekan sebelum meninggal, Johny Indo masuk Kristen lagi.

“Sebelum dia rasain sakit ini. Belum beberapa bulan. Baru se-Minggu beberapa Minggu yang lalu. Minggu kemarin,” ujarnya.

6. Pikun dan Sakit Sebelum Meninggal

via suara.com

Masih menurut pemaparan sang cucu, Santa, Johny Indo memiliki riwayat penyakit hernia. Sebulan sebelum meninggal sempat dilakukan operasi. Selain itu, Johny Indo sudah sakit-sakitan seperti kerap merasa sesak napas dan disebut sudah pikun. Bahkan sebelum jatuh sakit, aktor tersebut sempat terjatuh.

7. Dimakamkan Secara Kristen

via suara.com

Usai masuk Kristen kembali, Johny Indo kabarnya akan dimakamkan secara Kristen. Terlebih saat ini yang mengurus Johny di akhir hayat adalah keluarga istri pertama. Sehingga menurut sang cucu, istrinyalah yang menentukan prosesi pemakaman. Saat ini jenazah disemayamkan di Gereja GPdI Immanuel Pdt Stella Tiah, Tangerang dan akan dimakamkan di Selapanjang.

8. Johny Indo Ayah dari Dokter Eva Tersangka Kasus MeMiles

via ngopibareng.id

Publik mungkin selama ini tidak mengetahui banyak perihal kehidupan sang aktor. Pada kenyataannya, Matini Luisa atau dikenal dengan sebutan Dokter Eva adalah putri dari Johny Indo. Ia telah ditetapkan sebagai tersangka kasus investasi bodong MeMiles. Kabarnya, saat pemakaman sang ayah dirinya akan diizinkan untuk menghadirinya dengan pengawalan.