Datang dari Australia Demi Selamatkan Buaya Berkalung Ban, Presenter National Geographic ini Viral di Indonesia

via liputan6.com

Serumpi.com – Sejak 2016 lalu, di Palu muncul seekor buaya dengan kondisi cukup memperhatinkan. Ada sebuah ban yang melingakr pada leher buaya tersebut. harus ada campur tangan manusia agar ban yang ada pada leher buaya itu bisa terlepas. Ban tersebut juga terlihat sangat menyulitkan sang buaya. Karena banyak yang kasihan, warga pun berinisiatif untuk melepas ban itu.

Namun sayang, belum ada satupun orang yang berhasil melakukannya. Bahkan ada sayembara dari pemerintah dan menawarkan hadiah bagi siapa saja yang bisa menangkap dan membebaskan buaya dari lingkaran ban.

Pada Minggu 21 Januari 2018, Panji Sang Petualang juga pernah diundang untuk mencari jejak buaya itu dan menangkapnya. Sayang, karena banyaknya kerumuman warga, buaya itupun tak kunjung muncul. Beberapa waktu ini, buaya berkalung ban ini muncul kembali.

Buaya tersebut terlihat di Sungai Palu, Minggu (2/2/2020). Dengan munculnya kembali, banyak sekali pihak yang ingin menyelamatkan. Termasuk Matt Wright presenter National Geographic dari Australia. Ia sudah memantau buaya ini selama 18 bulan terakhi. Melihat buaya ini muncul kembali, Matt menghubungi pihak terkait di Sulawesi dan mendapatkan izin untuk penyelamatan buaya tersebut.

Matt Wright mengantongi izin yang tertuang dalam Surat Keputusan yang dikeluarkan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tertanggal Senin, 10 Februari 2020. Melansir dari liputan6.com, berikut fakta  Matt Wright, presenter National Geographic yang menarik perhatian masyarakat Indonesia.

1. Matt Wright presenter National Geographic sudah memantau buaya berkalung ban selama 18 bulan terakhir.

via liputan6.com

2. Bagi pecinta tayangan alam liar National Geographic, pasti sangat mengenali wajah Mattew Nicholas Wright atau juga dikenal Matt Wright. Ia adalah presenter National Geographic acara asal Australia.

via liputan6.com

3. Selain menjadi seorang presenter untuk National Geographic, Matt Wright juga seorang ahli dan pemerhati buaya dari Australia.

via liputan6.com

4. Pada Sabtu (1/2/2020), ia pernah unggah potret buaya berkalung ban dimedia sosialnya.

via liputan6.com

5. Selain melakukan pengamatan, Matt Wright melakukan kontak dengan dinas terkait dan bekerja sama menyelematkan buaya tersebut.

via liputan6.com

6. Matt Wright akhirnya mengantongi izin dari pemerintah Indonesia. Ia pun langsung menyusun strategi untuk menyelamatkan buaya tersebut.

via liputan6.com

7. Menyelamatkan buaya berkalung ban bukanlah perkara mudah, karena sudah banyak warga dan tokoh masyarakat yang coba melakukannya. Termasuk Panji Sang Petualang.

via liputan6.com

8. Matt Wright mengatakan bahwa jika tidak tepat maka buaya ini akan takut dan lebih sulit untuk didekati.

via liputan6.com

9. Misi penyelamatan buaya berkalung ban ini adalah operasi terbuka dengan bantuan dari luar negeri.

via liputan6.com

10. Semoga Matt Wright berhasil menjalankan misinya.

via liputan6.com