Tutup Usia Setelah 40 Hari Dirawat di ICU, ini Sederet Penyakit yang Diderita Purwaniatun

via tribunnews.com

Serumpi.com – Masih ingat dengan pemain sinetron yang akrab dengan peran Si Mbok? Ia memiliki tahi lalat yang khas di dahi, perawakan gemuk, dan gaya bicara yang medhok. Ia pernah ikut bemain dalam sinetron Monyet Cantik dan Serigala Ganteng, serta Kawin Gantung. Artis yang dumaksud tak lain dalah Purwaniatun. Ia yang dikenal sebagai artis senior penyabar dan santun ini baru saja tutup usia di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (23/3/2020).

Sebelum meninggal, Purwaniatun sempat menjalani operasi pengangkatan sel kanker di rahim. Namu, kondisinya justru makin menurun usai operasi. Bahkan, Purwaniatun sempat menjalani perawatan selama 40 hari di ICU.

Baca Juga : Pernah Memerankan Tokoh Wiro Sableng, Aktor Ini Baru Saja Dikabarkan Tutup Usia

Kondisi Purwaniatun yang langsung drop setelah operasi ini sempat menimbulkan pertanyaan, apakah kondisi fisiknya dipaksakan untuk operasi atau memang punya penyakit penyerta? Menanggapi hal ini, Bayu, salah seorang anak Purwaniatun mengatakan jika sang ibu 100% fit dan tidak memiliki keluhan apapun saat datang ke rumah sakit. Dokter juga sudah memastikan tubuh Purwaniatun siap dioperasi.

via cnnindonesia.com

Bayu juga menjelaskan jika sang ibu sendiri yang meminta dioperasi. Hal tersebut dikarenakan kanker yang menjalar di rahim masih berukuran kecil sehingga Purwaniatun setuju dilakukan operasi dibandingkan berusaha melakukan pengobatan lain, tapi dengan risiko kanker makin menyebar.

Sayang, usai operasi kondisi kesehatan Purwaniatun justru menurun. Ia yang lama tak sadarkan diri kemudian mengalami penurunan fungsi organ. Terakhir, fungsi ginjalnya menurun dan paru-parunya tak bisa bekerja dengan baik.

Purwaniatun menghembuskan nafas terakhir pada hari Senin (23/3) di usia 66 tahun. Jenazahnya sudah dimakamkan di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur di hari yang sama selepas shalat Ashar. Purwaniatun meninggalkan 4 orang anak dan 9 orang cucu.