Masker Bedah Langka dan Mahal, Apakah Masker Bisa Jadi Alternatif untuk Cegah Virus Corona?

via cnnindonesia.com

Serumpi.com – Sejak pemerintah mengumumkan adanya dua orang di Depok yang positif corona sekaligus menjadi kasus konfirmasi positif corona pertama di Indonesia, harga masker bedah atau surgicial mask makin langka. Bukan hanya itu, stok masker di pasaran juga semakin langka karena masyarakat yang sebelumnya tak mengenakan masker turut membeli masker yang harusnya menjadi salah satu alat pelindung diri petugas medis ini. Hal tersebut karena masker bedah memiliki lapisan khusus yang bisa menahan droplet, yaitu salah satu media penularan corona.

Masker bedah mampu menghalau droplet dari orang lain yang mungkin terinfeksi. Selain itu, jika pemakai masker yang terinfeksi, maka lapisan masker juga akan menghalau droplet pemakai agar tidak menginfeksi orang lain.

via hipwee.com

Sayangnya, masker bedah kini semakin langka. Selain itu, banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan dengan menimbun masker demi keuntungan pribadi. Alhasil, banyak yang beralih ke masker kain yang dinilai lebih mudah ditemukan dan murah. Lantas, apakah masker kain sama efektifnya dengan masker bedah untuk mencegah penularan virus corona?

Baca Juga : Corona Belum Reda, Kini Muncul Hantavirus di China, Apa itu?

Dilansir dari Kompas (25/3/2020), juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Ahmad Yurianto mengatakan jika masker kain bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kelangkaan. Hal ini dikarenakan memakai masker kain lebih baik dibanding tidak memakai sama sekali. Masker kain juga dapat menghalau droplet, namun harus lebih sering diganti agar tetap efektif.

Masker kain hanya efektif dipakai selama 3 jam jika tubuh dalam kondisi sehat. Sementara jika tubuh sedang flu atau batuk, masker harus lebih sering diganti. Bukan hanya itu, masker juga wajib dicuci dengan sabun dan air mengalir dengan bersih.

Ahmad Yurianto juga menegaskan hal yang lebih penting dibandingkan dengan penggunaan masker, yaitu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Membangun imune dari dalam tubuh juga tak kalah pentingnya agar tubuh punya pertahanan jika ada virius yang lolos dan masuk tubuh.