Ibu Perlu Simak, Begini 3 Tips Memilih Mainan Anak Sesuai Tumbuh Kembang dan Usianya

    via parenting.co.id

    Serumpi.com – Anak sudah pasti akan jadi prioritas bagi seorang Ibu. Bahkan perihal mainan sekalipun akan sangat penting untuk diperhatikan dan sesuai dengan usia si kecil di masa pertumbuhan. Bila Ibu tepat memberikan jenis mainan anak, maka akan membantu si kecil di masa tumbuh kembangnya, terutama bagaimana berinteraksi dengan orang lain dan belajar tentang apa yang ada di sekitarnya.

    Pemilihan mainan anak juga tidak bisa sembarangan dilakukan, harus disesuaikan dengan usia anak. Bahkan mainan untuk bayi usia 0-12 bulan juga akan berbeda-beda mengikuti tahap perkembangan anak.

    Berikut ini tips yang perlu Ibu ketahui saat memilihkan mainan untuk anak.

    1. Memilih Mainan Anak Sesuai Usia

    via alodokter.com

    Umumnya pada bagian kemasan akan disertakan rekomendasi rentang usia anak yang bisa menggunakan mainan tersebut. Biasanya rentang usia yang tercantum berdasarkan rata-rata perkembangan anak.

    Gunakan informasi tersebut sebagai panduan Ibu untuk memilih mainan anak. Selain itu, baca juga peringatan dan langkah keamanan yang ada pada kemasan guna memastikan ada tidaknya risiko bagi si kecil.

    2. Waspadai Bagian dari Mainan Anak

    via orami.co.id

    Selanjutnya, hal yang harus diperhatikan dari mainan anak adalah bagian dari mainan itu sendiri amankah digunakan anak. Balita biasanya masih suka memasukkan benda berukuran kecil ke mulut. Sehingga ukuran mainan juga sangat diperhitungkan sebelum diberikan pada si kecil.

    Ibu sebaiknya juga memeriksa komponen mainan anak guna menentukan apakah mengandung bagian kecil yang dapat mengakibatkan anak tersedak karena terkadang mainan memiliki aksesoris dengan ukuran lebih kecil.

    Perhatikan juga kualitas konstruksi mainan, terutama bila ada bagian kecil yang menempel sehingga meningkatkan risiko bagian itu bisa terlepas ketika anak memainkannya.

    3. Nilai Edukasi pada Mainan Anak

    via parenting.co.id

    Selain membuat anak senang, mainan juga seharusnya memiliki nilai edukasi. Semua itu tetap disesuaikan dengan masa tumbuh kembang anak dan pastikan menghindari mainan yang mempunyai potensi kekerasan.

    Sebagai contoh, untuk anak usia 3 tahun yang mulai belajar mengenal huruf, Ibu bisa pilihkan balok huruf atau mainan elektronik yang bisa menampilkan alphabet.

    Memilih mainan anak memang tidak bisa sembarangan. Semua harus memperhatikan banyak pertimbangan seperti usia, nilai edukasi, dan fisik dari mainan itu sendiri. Nah, buat para Ibu yang saat ini memiliki buah hati dalam masa tumbuh kembang, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti Bebe Journey. Apa itu Bebe Journey?

    Bebe Journey merupakan persembahan dari Bebeclub untuk para Ibu. Dengan Bebe Journey, Ibu bisa mendapatkan banyak informasi lengkap terkait tumbuh kembang si kecil yang Ibu butuhkan. Ibu akan informasi panduan tumbuh kembang anak, menu MPASI, Poop Tracker dari Expert.

    Tunggu apalagi, Ibu hanya tinggal register ke Bebe Journey. Ibu akan menemukan fitur menarik seperti BebeCheck, BebeFacts, dan Bintang Apresiasi. Ibu dan si kecil juga bisa dapat hadiah menarik lho dari Bebelac!