Wow Film Ini Cetak Rekor di Penayangan Perdananya. Raup Keuntungan Ratusan Milyar

CCF

Dunia perfilman sedang diramaikan dengan kelanjutan dari film star wars yang memang sedang menjadi pembicaraan akhir-akhir ini.

Pakar perfilman dunia mencatat bahwa film terbaru seri Star Wars mencetak rekor penjualan tiket penayangan perdana box office pada malam hari di Amerika Serikat dan Kanada.

Pada Kamis (17/10/2015), “Star Wars: The Force Awakens” mendulang 57 juta dolar AS atau Rp 792 miliar. Jumlah tersebut mengalahkan rekor sebelumnya sebanyak 43,5 juta dolar AS (Rp 604 miliar) yang dipegang Harry Potter And The Deathly Hallows: Part 2 pada 2011.

Di Inggris dan Irlandia, film yang disutradarai JJ Abrams itu mendapat 9,64 juta pounds (Rp 199,4 miliar) pada hari pertama penayangan.

Seperti di AS dan Kanada, film tersebut melampaui perolehan “Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2” sebanyak 9,48 juta pounds (Rp 196,1 miliar).

Sejumlah analis mengatakan film ketujuh dalam seri Star Wars itu amat mungkin menjadi film terlaris sepanjang masa.

“Potensi bagi The Force Awakens untuk menembus pendapatan sebanyak 2 miliar dolar AS jelas sangat mungkin,” ujar Paul Dergarabedian dari Rentrak, analis box office Hollywood.

Jeff Bock, analis perfilman dari Exhibitor Relations, mengatakan “Star Wars: The Force Awakens” ialah kandidat terkuat pemecah rekor pendapatan.

“Film itu bisa masuk daftar film berpendapatan 2 miliar dolar AS dan mungkin, mungkin, menjadi film dengan pendapatan terbesar sepanjang masa,” kata Bock.

Perkiraan para analis, “Star Wars: The Force Awakens” boleh jadi mendapatkan 200 juta dolar AS di AS dan Kanada saat ditayangkan pertama kali pada akhir pekan. Jumlah itu bisa menyaingi pendapatan film Jurassic World.

Film tentang taman khusus dinosaurus tersebut mencetak hampir 209 juta dolar AS (Rp2,9 triliun) dalam tiga pertama penayangan di kawasan Amerika utara, Juni lalu.