Panji Surya Sahetapy, Tuna Rungu Ganteng Berhati Mulia

via brilio.com

Serumpi.comAlangkah bangganya Dewi Yull, melihat anak-anaknya tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Penyanyi yang terkenal pada tahun 80an ini tidak henti-hentinya berucap syukur atas anugrah yang diberikan Tuhan kepadanya.

Panji Surya Sahetapy, anak ketiga Dewi Yull ini teramat istimewa. Karena dia lahir dalam keadaan tuli. Derajat ketulian pada telinga kanannya mencapai 105 decibel, sedangkan pada telinga kiri ada pada angka 115 decibel. Padahal pendengaran normal hanya ada pada angka 0-20 decibel.

Bac Juga : Kabar Gembira !!! Pipi Tembem Bisa Diatasi Dengan Cara Alami

Surya bukan anak pertama dalam rumahtangga Dewi Yull dengan mantan suaminya, Ray Sahetapy, yang mempunyai kebutuhan khusus. Sang kakak, Gisca juga memiliki kekurangan yang sama. Dewi Yull mendidik anak-anak mereka dengan sangat baik. Namun sang kaka telah meninggal.

via liputan6.com

Surya tumbuh menjadi remaja yang sarat dengan berbagai prestasi. Sejak kecil, Dewi memang mendidik anaknya untuk hidup dan mencintai dirinya meskipun memiliki kekurangan. Karena itulah, rasa kemanusiaa Surya tumbuh, dia sangat peduli dengan orang-orang yang mempunyai kekurangan sama seperti dia.

Surya adalah mahaiswa di Universitas Siswa Bahasa International SBI mengambil jurusan Bahasa Inggris. Surya juga aktif dan menjadi pengajar Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.

via brilio.net

Sejak kecil, Surya memang mempunyai peran dalam berbagai kegiataan. Kekurangan yang dimilkinya bukan menjadi penghalang. Dilansir dari Tribun.com, surya kini tengah aktif mengajak pengguna instagram untuk berbagi informasi dengan orang-orang tuli. Seperti bagaimana rasanya mendengarkan sebuah music.

Hal-hal kecil seperti itulah yang sekarang gencar disuarakan Surya. Dengan tagar #rasakansuara Surya masih berjuang. Surya juga kerap mengunggah berbagai video tentang dirinya. Meskipun tanpa suara, video tersebut berhasil menarik simpati para nitizen. Apalagi Surya yang memilki wajah tampan.

via viva.co.id

“Orang tuli saja berusaha untuk bisa mendengar, kenapa yang bisa mendengar justru kadang berpura-pura tuli?,” ungkapnya.

Surya juga pernah bermain dalam film berjudul, Aisyah Biarkan Kami Bersaudara yang dibintangi oleh Laudya Chintya Bella.

“Menyenangkan bisa syuting bersama Bella. Saya akting dengan membaca gerak bibir,” ujar Panji