4 Kreasi Kolak Dari Berbagai Bahan Ini Bisa Jadi Pembatal Puasa Yang Bikin Ketagihan

    via liputan6.com

    Serumpi.com –  ‘Berbukalah dengan yang manis’ ini adalah kalimat anjuran yang kerap kita dengar selama bulan Ramadan. Salah satu takjil yang menjadi favorit serta memiliki rasa manis adalah kolak. Jenis menu kolak tidak hanya satu macam saja melainkan ada beberapa varian kolak yang lezat.

    Bahkan anda bisa membuat sendiri jenis kolak lezat. Tidak begitu sulit, dengan bahan sederhana anda bisa membuat kolak dengan rasa yang istimewa. Melansir liputan6.com dari qraved. Inilah 6 jenis kolak yang harus anda coba dirumah, sangat cocok untukmenu buka puasa atau untuk acara lain.

    1. Kolak Pisang

    via liputan6.com

    Takjil yang satu ini tentu tidak asing lagi, cara membuatya cukup sederhana. Dengan merebus air yang dicampur dengan daun pandan, jangan lupa memberikan santan dan gula merah. Anda bisa menambahkan kolang kaling yang diberi pewarna, ubi,nangka,  serta bahan utamanya, pisang. Sajikan selagi hangat , atau anda bisa menambahkan es.  Tidak terbatas hanya ubi dan kolang kaling saja, anda bisa menambkan berbagai bahan lain agar kolak pisang anda semakin nikmat.

    2. Kolak Singkokng Kelapa Muda

    via liputan6.com

    Rebus kacang hijau dengan air, lalu masukkan santan serta daun pandan dan beri kayu manis secukupnya. Tunggu hingga kacang hijau melunak, lalu masukkan singkong, rebus hingga matang.
    Masukkan garam, gula pasir, dan pisang. Masak hingga mendidih. Angkat.
    dan sajikan dengan sagu mutiara, kelapa muda, cincau hitam, dan nangka.