Berikut 4 Fakta Kecaman Dunia Atas Pemasangan Patung Hitler di Yogyakarta

via brilio.net

Serumpi.comBeberapa waktu lalu, Museum Patung De Arca yang ada di Yogyakarta baru-baru ini menjadi buah bibir. Bukan hanya di masyarakat local saja, melainkan masyarakat internasional pun ikut angkat suara karena memajang patung pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Kehadiran patung Hitler yang ada di museum De Arca dianggap telah menyakiti masyarakat dunia, khususnya bagi umat yahudi karena miliki sejarah kelam dengan sosok pemimpin Nazi tersebut.

Keberadaan patung Hitler di Museum De Arca sebenarnya ada sejak tahun 2014 silam. Patung Hitler dengan seragam khasnya tersebut bahkan kerap menjadi objek selfie para pengunjung museum.

Melansir dari brilio.net berikut fakta-fakta patung Hitler di Yogyakarta yang mendapat kecaman dunia.

1. Alasan patung Hitler dipajang.

via brilio.net

Pihak manajemen Museum De Arca menjelaskan kenapa sosok Hitler ada dalam museum tersebut. Jamie Misbah, Operations Manager mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada kriteria khusus menghadirkan tokoh yang dipajang.

Sejak berdiri Desember 2014, sebenarnya museum ini sudah menampilkan patung dari figur Hitler. Tujuannya, hanya memberikan edukasi sejarah dunia kepada pengunjung. Apalagi menyinggung pihak-pihak tertentu. Patung tersbeut dipajang karena memang bernilai sejarah.

2. Heboh Sejak Diberitakan Media Asing.

via brilio.net

Kecaman dunia berdatangan setelah patung Hitler hadir di Yogyakarta. Berbagai media asing turut memberitakan, antara lain media Inggris seperti express.co.uk dan dailymail.co.uk yang mengecam keras. Bahkan International Business Times mengulas kecaman internasional dengan artikel berjudul ‘Selfie With Hitler: Nazi Display At Indonesia Museum Sparks Outrage’.

Japan Times membahas dengan artikel berjudul ‘Indonesian museum’s ‘fun’ Nazi display brings outrage’. Media Russian Times pun memberitakan dalam artikelnya berjudul: Pose with Hitler?! Indonesian museum offers happy snaps in front of Auschwitz display for ‘fun’.

Baca Juga : Tak Masuk Akal Tapi Benar Terjadi, 5 Buku Ini Memprediksi Masa Depan

3. Diprotes aktivis, organisasi HAM dan Umat Yahudi

via brilio.net

Beberapa aktivis, organisasi, hingga umat yahudi langsung memprotes keras patung Hitler di Yogyakarta setalah ramai diberitakan media asing. Organisasi HAM, Human Rights Watch mengecam patung Hitler di museum tersebut bahkan menyebutnya sebagai hal yang memuakkan.

Organisasi yahudi terkemuka yang ada di Amerika Serikat, Center Simon Wiesentehal meminta penyelenggara Museum De Arca tidak memajang patung lilin Adolf Hitler yang berdiri membelakangi Kamp Konsentrasi Auschwitz. Menurut mereka, kehadiran patung Hitler, bisa diartikan dengan mengolok-olok korban Holocaust.

4. Akhirnya Disingkirkan

via brilio.net

Kini patung Hitler tak akan bisa dijumpai lagi di museum De Arca Yogyakarta. Operations Manager, Jamie Misbah menyampaikan permintaan maafnya. Misbah menegaskan, bahwa tidak ada maksud apapun dari pemasangan patung Hitler tersebut.


Previous articleTak Masuk Akal Tapi Benar Terjadi, 5 Buku Ini Memprediksi Masa Depan
Next article8 Fakta Tentang Barry Prima, Pendekar Jaka Sembung Yang Kini Jadi Ustadz Bijak

Terpopuler: