Hampir Tak Bisa Dipercaya, Inilah 6 Penemuan Didasar Laut yang Paling Mencengangkan

via liputan6.com

Serumpi.com – Permukaan bumi tidak hanya terdiri dari daratan saja, melainkan sekitar 70 % diantaranya adalah lautan. Uniknya, belum seluruh wilayah perairan laut yang diteliti oleh para pakar, sehingga masih sekitar 95 % dari bagian terbesar di permukaan bumi itu masih menjadi misteri. Padahal, banyak penemuan yang menakjubkan terkait peradaban masa lampau dan semacamnya yang bisa ditemukan saat penjelajahan laut dilakukan.

Dilansir dari liputan6.com, ada sekitar enam penemuan di dasar laut yang menggemparkan publik dunia. Itu pun baru dinilai sebagian kecil saja dari banyaknya misteri yang tersimpan dalam lautan.

1. Situs Purba

via liputan6.com

Pada tahun 2007 silam, penelitian yang dilakukan professor arkeologi bawah laut, Mark Holley menemukan situs purba yang ada di Danau Michigan. Situs yang ada di danau terbesar dunia tersebut ditemukan di kedalaman 12 meter. Ada juga penemuan ukiran mastodon pada penelitian tersebut. Mastodon adalah hewan purba yang punah pada 10.000 tahun lalu, hingga kini usia situs purba tersebut belum diketahui.

2. Piramida

via liputan6.com

Selain Mesir, ternyata piramida juga bisa ditemukan di bawah laut. Piramida yang diperkirakan berusia lebih dari 10.000 tahun ini ditemukan di bawah laut Yonaguni, Jepang tahun 1987 silam.

3. Sungai Bawah Laut

via liputan6.com

Sungai yang berada di bawah laut ini ditemukan oleh ilmuwan Inggris dan bisa dikatakan sungai terbesar dunia jika ada di permukaan. Jarak 1 kilometer dari sungai bawah laut ini memiliki kedalaman sekitar 35 meter dan juga memiliki arus serta pusaran air. Peneliti menyebutkan bahwa sungai bawah laut tersebut terbentuk dari pertemuan air asin laut Marmara dan air laut hitam jauh berabad-abad silam.

4. Kota Bawah Air Shi Cheng

via liputan6.com

Kondisi kota yang sempat menghilang tertelan air pada puluhan tahun lalu ini masih utuh dan tidak terkikis oleh air sedikit pun. Sejarah menyebutkan, kota yang berada di Zhejiang, Tiongkok Timur sempat mengalami kebanjiran dan membuat pemerintah mengevakuasi penduduknya. Pemerintah juga memutuskan untuk menjadikannya bendungan sehingga kota benar-benar tenggelam. Uniknya, kota ini pun nyaris utuh saat ditemukan kembali.

5. Patahan Lempeng Tektonik

Penemuan ini ada di kedalaman laut lempengan tektonik Amerika Utara dan lempengan tektonik Eurasia. Seolah jalur panjang di bawah air, kedua lempengan ini tampak indah dan terus melebar 2,5 centimeter setiap tahun.

6. Kota Kuno Heracleion

via liputan6.com

Reruntuhan kota kuno Heracleion ini ditemukan oleh arkeolog Prancis bernama Franck Goddio yang melakukan penyisiran di lepas pantai Mesir. Namun sayangnya, sejak tahun 2000 penemuan itu, tidak lagi dilakukan penelitian terkait kota kuno Heracleion tersebut.

Loading...
Previous article5 Teori Konspirasi Gila yang Tak Pernah Dipercayai Ini Ternyata Benar-benar Terjadi
Next articleKenalkan Dua Gadis Cilik Lea Rose dan Ava Marie, Kembar Identik yang Kecantikannya Seperti Keajaiban

Terpopuler: