Siapa Sangka, Ternyata 5 Makanan Ini Salah Satu Penyebab Bau Badan Lho

via tampilcantik

Serumpi.com –  Memiliki bau badan tentu saja membuat kita merasa sangat tidak nyaman dan tidak percaya diri. Hal ini dapat mengganggu aktivitas dan tak jarang juga dapat menghancurkan kehidupan sosial kita.

Selain itu, orang-orang di sekitar kita sudah pasti akan merasa tidak nyaman dan terganggu oleh aroma tidak sedap yang keluar dari tubuh kita.

Sumber bau badan yang muncul biasanya berasal dari produksi keringat yang berlebih, ketiak, dan kaki. Untuk mengeliminasi bau ini, banyak orang yang menggunakan parfum agar bau tubuhnya menjadi wangi. Namun kenyataannya, parfum hanya dapat menjadi solusi sementara.

Loading...

Penyebab dari bau badan ternyata dari makanan yang Kita konsumsi lho, nggak cuma daging-dagingan, ternyata ada juga sayuran yang bikin bau badan nih.

Padahal sayur dikenal sebagai sumber vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Mungkin selama ini kita mengira cuma makanan berlemak aja yang bisa bikin kita bau badan.

Melansir Grid.ID dari laman Reader’s Digest, apa aja sih makanan dan minuman yang bisa bikin kita bau badan, Yuk cari tahu.

1. Daging Merah

via makananmu.com

Memang sudah bukan rahasia lagi kalau aging merah seperti daging sapi bisa menimbulkan bau badan. Ternyata daging merah itu cukup sulit dicerna oleh tubuh, sehingga sering meninggalkan residu di sistem pencernaan kita.

Residu ini biasanya rentan terkontaminasi bakteri yang menyebabkan bau tak sedap, dan bau tersebut bisa keluar melalui keringat kita.

2. Alkohol

via vietnambiz.vn

Menurut institusi Berkeley Wellness, dalam proses metabolisme tubuh alkohol akan diubah oleh hati menjadi asam asetat yang bisa menyebabkan bau badan dan bau mulut!

3. Sayuran yang Mengandung Zat Belerang

via aksam.com

Sayuran yang masuk dalam golongan keluarga Brassica seperti kol, kembang kol, dan brokoli memiliki kadar belerang yang cukup tinggi. Kandungan dari belerang ini yang bikin bau badan, bau mulut, dan produksi gas yang berlebih.

Cara aman biar mengurangi kadar belerang sayur-sayuran tersebut adalah dengan merebusnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Selain keluarga Brassica, asparagus juga punya efek yang sama lho kalau kamu memakannya mentah-mentah.

4. Bumbu Dapur yang Punya Aroma Kuat

via rumahmesin.com

Bumbu dapur yang punya aroma kuat seperti bawang putih, bubuk kare, dan jintan bisa menyebabkan kamu bau badan. Jangan konsumsi secara berlebihan ya!

5. Kopi

via tajuktimur.com

Kopi mengandung zat yang bisa bikin mulut kamu jadi kering dan kemudian menimbulkan bau tidak sedap. Zat tersebut juga memicu bakteri berkembang biak di mulut dan memperparah bau mulut kamu.

Disarankan untuk jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi, atau imbangi dengan minum air putih agar mulutmu bisa terhidrasi.